Rabu, 02 Mei 2012

MANUSIA DAN PENDERITAAN

Di dalam kehidupan sehari-hari, kita sering mendengar penderitaan-penderitaan orang-orang yang tidak mampu. Dengan seringnya penderitaan yang terjadi, bisa membuktikan bahwa manusia tidak pernah lepas dari masalah penderitaan. Bukan hanya di Indonesia, di sebagian negara di bumi ini juga, banyak rakyat-rakyat kecil yang menderita. Mengapa penderitaan ini sering terjadi, dan apakah penderitaan itu?

Penderitaan berasal dari kata derita. Kata derita berasal dari bahasa sansekerta dhra artinya menahan atau menanggung. Derita artinya menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Penderitaan itu dapat lahir atau batin, atau lahir batin.

Penderitaan termasuk realitas dunia dan manusia. Intensitas penderitaan bertingkat-tingkat, ada yang berat ada juga yang ringan. Namun peranan individu Juga menentukan berat tidaknya intensitas penderitaan. Suatu peristiwa yang dianggap penderitaan oleh seseorang belurn tentu merupakan penderitaan bagi orang lain. Dapat pula suatu penderitaan merupakan energi untuk bangkit bagi seseorang, atau sebagai langkah awal untuk mencapai kenikmatan dan kebahagiaan.

Dalam kehidupan ini, setiap manusia akan merasakan penderitaan. Dibalik kebahagiaan dan kesenangan, manusia juga memiliki penderitaan. Manusia adalah makhluk yang akan selalu merasakan penderitaan selama meanusia hidup di bumi ini. Penderitaan tidak hanya dirasakan melalui penderitaa fisik, tapi juga bisa dirasakan melalui penderitaan jasmani dan rohani, penderitaan secara ekonomi, penderitaan secara sosial, penderitaan secara budaya dan lain-lain.

Bahkan ada kata-kata yang mengatakan bahwa "penderitaan akan membuat manusia semakin kuat". Artinya adalah bahwa penderitaan itu akan membuat manusia semakin kuat dalam mengahadapi kehidupan ini. Dengan penderitaan ini manusia juga akan belajar bahwa hidup ini tidak akan seterusnya enak, pasti dibalik itu semua akan ada sisi yang tidak enaknya juga.



Sumber: http://aero-7.blogspot.com/2012/04/manusia-dan-penderitaan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar