Rabu, 02 Mei 2012

MANUSIA DAN KEINDAHAN

Dalam kehidupan sehari-hari, manusia selalu melakukan sesuatu dengan mengutamakan keindahan. Dengan keindahan, manusia dapat melakukan pekerjaan yang dapat menghasilkan sebuah keuntungan. Seperti contoh, dalam pembuatan seni, manusia membutuhkan keindahan itu sendiri untuk dapat membuat seni dengan baik. 

Keindahan berasal dari kata indah, artinya bagus, permai, cantik, elok, molek dan sebagainya. Benda yang mempunyai sifat indah ialah segala hasil seni, (meskipun tidak semua hasil seni indahl, pemandangari alam (pantai, pegunungan, danau, bunga-bunga di lereng gunung), manusia (wajah, mata, bibir, hidung, rambut, kaki, tubuh), rumah (halaman, ta13nan, perabot rumah tangga dan sebagainya), suara, warna dan sebagainya. Keindahan adalah identik dengan kebenaran.

Jadi pengertian keindahan seluas-luasnya meliputi : keindahan seni, keindahan alam, keindahan moral dan keindahan intelektual.
Keindahan dalam arti estetik murni menyangkut pengalaman estetis dari seseorang dalam hubungannya dengan segala sesuatu yang diserapnya. Sedang keindahan dalam arti terbatas lebih disempitkan sehingga hanya menyangkut benda-benda yang dicerapnya dengan penglihatan, yakni berupa keindahan dari bentuk dan warna.

Manusia sendiri memiliki sebuah sifat yang di mana manusia ingin memperindah diri mereka dengan sebaik mungkin. Sedangkan keindahan itu adalah sebuah pemandangan atau hal apa saja yang enak dilihat. Jadi bisa dikatakan kalau manusia dan keindahan tidak dapat dipisahkan. Dengan adanya keindahan, manusia dapat mengetahui mana yang enak dilihat mata dan mana yang tidak enak dilihat mata.



Sumber: http://jogreserz.com/konank/detail_news/56/Manusia-dan-Keindahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar